Kreatif! Begini Cara Bikin Oven dari Kaleng Biskuit Bekas



Ada beberapa jenis makanan yang harus dimasak pakai oven. Ternyata oven bisa dibikin dari kaleng biskuit bekas. Begini caranya.

Kamu punya kaleng bekas biskuit di rumah? Jangan hanya jadi wadah kerupuk atau rengginang saja, kamu bisa mengolahnya jadi oven murah meriah. Ya, oven kaleng biskuit ini bisa jadi solusi untuk kamu yang mau membuat olahan panggang tapi tak memiliki oven.

Seorang netizen membagikan trik cerdas membuat oven menggunakan kaleng biskuit. Cara buatnya sederhana dan hasil panggangnya juga maksimal layaknya menggunakan oven biasa.

“Tips sederhana, Yang nggak punya oven, jangan berkecil hati, cara ini murah meriah.. irit listrik dan gas,” ujar netizen ini.

Pemilik akun twitter @excel_dee membagikan gambar penggunaan oven simpel dari kaleng biskuit ini. Untuk membuat oven, pertama kamu harus membuat rongga sebagai pintu oven. Rongga ini bisa dibuat dengan memotong bagian samping ataupun bagian bawah kaleng.

Ukuran rongga pintu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika hendak memasak makanan ukuran kecil atau sedang, kamu bisa membuat pintu oven pada bagian atas atau bawah kaleng. Sementara kalau ukuran makanannya terbilang besar, kamu bisa melubangi bagian samping kaleng.

Langkah selanjutnya yakni membuat sekat di dalam kaleng biskuit. Kamu bisa membuat sekat dari lempeng seng atau beda lain yang tahan panas. Sekat ini dibuat untuk membuat jarak pada oven agar makanan tidak terkena api langsung. Dengan sekat ini juga kamu bisa memasak makanan lebih banyak.

Jika sudah memiliki pintu dan sekat pembatas, kamu bisa langsung menggunakan oven ini untuk memasak. Cukup letakkan kaleng biskuit di atas kompor atau perapian kayu bakar. Siapkan makanan yang akan dipanggang lalu oven siap digunakan.

Untuk menggunakan oven ini, sebaiknya kamu memasak bahan makanan yang tidak membutuhkan waktu sangat lama ataupun memerlukan suhu panas ekstra. Karena lempeng kaleng ini terbilang cukup tipis dan tidak mampu menahan panas berlebih.

Oven kaleng biskuit ini bisa jadi alternatif kalau ingin memanggang pizza, cake, ataupun cookies. Oven kaleng biskuit ini membantu membuat uap panas berputar di dalamnya sehingga bisa mematangkan makanan.

Unggahan ini pun menarik banyak perhatian netizen. Banyak yang berniat membuat oven kaleng biskuit, namun ada juga yang sudah mempraktekkannya di rumah. Ternyata oven kaleng biskuit ini cukup efisien dan membantu.

“Nah kebetulan. Banyak kaleng biskuit dari temen yang niatnya buat nyimpen kopi. Makasih ya Kak, lumayan buat coba-coba nih buat kue,” kata netizen.

“Kemarin aku bakar ubi dan bakar ikan pakai oven kaleng biskuit begini,” sahut netizen lain.

“Wah kreatif sekali, bisa kali ini buat dibawa pas piknik. Mau coba bakar ayam,” kata netizen lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Kreatif! Begini Cara Bikin Oven dari Kaleng Biskuit Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel